Sunday 9 March 2014

Customer Service Training for Security Astra Group












Pengalaman pertama, dijagain security lebih dari 20 orang.. hahaha… Senang sekali punya  kesempatan langka, memberi pelatihan customer service dan service excellence untuk para security di seluruh jajaran Astra Group. Awalnya diajak oleh kawan saya Yusron Sudibdja, lantas saya akhirnya dipercaya juga untuk melakukannya sendiri. Karena Astra khawatir, saya perempuan, harus menghandle sekian banyak security yang gahar-gahar (katanya)  hahaha..  Banyak juga yang berkeberatan mengajar, apalagi perempuan..sangat tidak disarankan. Ternyata…mereka semangat kok belajar..
Lucunya, karena ini sampai ke security anak perusahaan Astra Group, jadi saya banyak kenalan satpam hahaha…, yang pasti mereka yang lebih kenal saya.  Sekali waktu mampir ke salah satu dealer mobil, eh…disambut senyum yang luaaar biasa.. (kan diajarin Ibu…masih ingat saya nggak Bu?) .Waduh,..satu kelas sekaligus ketemu 30 orang security, gimana bisa saya hafal.. maaf. 
Keliling Indonesia, ke daerah-daerah, bertemu dengan security daerah, berbahasa daerah yang khas..semua saya siapkan.  Supaya bisa lebih dekat dengan hati mereka, saya harus belajar bahasa daerah mereka dulu, …alhasil…dekatlah mereka dengan saya. Setelah itu, baru enak untuk ngajar. Yang tidak lupa, adalah joget joget dangdut yang harus selalu saya sisipkan di kelas, supaya mereka rileks dan nyaman belajarnya. Nggak sangka,…hot banget jogetnya…hahahaha…. Seneng Bu, kita diajak nginep di hotel, makan enak, joget dan diajar sama guru perempuan, begitu tu komentarnya.. Amppunn.
Pemandangan lain, saat di kawasan Astra Oto Parts, di kawasan industry Cikarang. Yang saya temui, tertib sekali. Meski ada yang sudah tua, baru kali ini ikut training, terlihat antusias nya, dan ternyata pendapat2nya tentang layanan dan organisasi, patut dihargai…  Kembali setelah rangkaian pelatihan seru dan keliling Indonesia ini, adalah tindak lanjut manajemen terhadap system yang mengikat kualitas layanan mereka. Yakin, Astra bisa..

No comments:

Post a Comment