Pengalaman pertama, dijagain security lebih dari 20 orang..
hahaha… Senang sekali punya kesempatan
langka, memberi pelatihan customer service dan service excellence untuk para
security di seluruh jajaran Astra Group. Awalnya diajak oleh kawan saya Yusron
Sudibdja, lantas saya akhirnya dipercaya juga untuk melakukannya sendiri.
Karena Astra khawatir, saya perempuan, harus menghandle sekian banyak security
yang gahar-gahar (katanya) hahaha.. Banyak juga yang berkeberatan mengajar, apalagi
perempuan..sangat tidak disarankan. Ternyata…mereka semangat kok belajar..
Lucunya, karena ini sampai ke security anak perusahaan Astra
Group, jadi saya banyak kenalan satpam hahaha…, yang pasti mereka yang lebih
kenal saya. Sekali waktu mampir ke salah
satu dealer mobil, eh…disambut senyum yang luaaar biasa.. (kan diajarin
Ibu…masih ingat saya nggak Bu?) .Waduh,..satu kelas sekaligus ketemu 30 orang
security, gimana bisa saya hafal.. maaf.
Keliling Indonesia, ke daerah-daerah, bertemu dengan security
daerah, berbahasa daerah yang khas..semua saya siapkan. Supaya bisa lebih dekat dengan hati mereka,
saya harus belajar bahasa daerah mereka dulu, …alhasil…dekatlah mereka dengan
saya. Setelah itu, baru enak untuk ngajar. Yang tidak lupa, adalah joget joget
dangdut yang harus selalu saya sisipkan di kelas, supaya mereka rileks dan
nyaman belajarnya. Nggak sangka,…hot banget jogetnya…hahahaha…. Seneng Bu, kita
diajak nginep di hotel, makan enak, joget dan diajar sama guru perempuan,
begitu tu komentarnya.. Amppunn.
Pemandangan lain, saat di kawasan Astra Oto Parts, di
kawasan industry Cikarang. Yang saya temui, tertib sekali. Meski ada yang sudah
tua, baru kali ini ikut training, terlihat antusias nya, dan ternyata
pendapat2nya tentang layanan dan organisasi, patut dihargai… Kembali setelah rangkaian pelatihan seru dan
keliling Indonesia ini, adalah tindak lanjut manajemen terhadap system yang
mengikat kualitas layanan mereka. Yakin, Astra bisa..
No comments:
Post a Comment