Monday 10 March 2014

Motivational & Leadership Training for Coal Mining Saptaindra Sejati (SIS)








Perusahaan ini luar biasa berkembangnya. Saat pertama kali rapat dengan SIS tahun 2005, saya ingat betul, jumlah karyawannya ada 500 orang. Ya…kita sama-sama tahu bahwa di tahun itu, bisnis batubara terus menanjak. SIS adalah kontraktor batubara yang sangat melesat bisnisnya, antara lain terlihat dari jumlah karyawan mulai 500 orang hingga saat terakhir saya ikut memberikan training telah lebih dari 3000  orang. 


Pengalaman saya bersama SIS memang sangat berwarna, mulai dari awal dalam rangkaian program Basic Training for Mining Supervisor (BTMOS) hingga ke rangkaian Management Training. Mulai dari visit site, kengerian dan keasingan diri di daerah Tanjung - Kalimantan Selatan, hingga kelas yang menyenangkan karena di dekat rumah, menggunakan fasilitas gedung Bapelkes - Fatmawati.


Keterlibatan awal  saya di SIS saat menemani sahabat baik saya, Handry Satriago yang memberikan pencerahan pada sejumlah middle management terpilih, di kantor SIS di daerah Kuningan (saat itu).  Sejak perkenalan awal tersebut, lebih jauh saya coba memahami rencana melesatnya kegiatan SIS yang pasti juga akan membawa pertambahan karyawan. Muncullah kebutuhan untuk mempersiapkan karyawan yang ada memasuki jenjang yang lebih tinggi. Dimulailah training Motivational Leadership untuk para supervisor di Site Adaro, Kalimantan Tengah.  Wah…banyak cerita di site yang seru, menyeramkan,.. saat berkesempatan ngajar yang hanya perempuan sendiri diantara sekian banyak pegawai tambang, di suatu daerah yang cukup sunyi (dibanding Jakarta).

Bergulir lagi, setelah SIS gencar melakukan rekrutmen ke kampus-kampus, ada kebutuhan untuk rangkaian pelatihan para Management Trainee. Saya mulai terlibat lagi dalam satu seri pelatihan GPP (Graduates Preparation Program). Luar biasa, pesertanya pinteeer semua, aktif, kritis dan yang pasti…muda belia, fresh from campus. Rata-rata baru lulus hingga sampai 3 bulan lulus sudah diterma kerja di SIS…hebat, tanpa nganggur ya..

Berlanjut di tahun berikutnya, saat kantor SIS sudah pindah disamping CITOS dengan gedungnya sendiri yang mentereng… berlambang megah diatas gedung ; SIS… (ada plang alternatif parkir Citos), baik hati ya…mau meminjamkan lahan parkirnya, tapi tetap bayaar… Saya masih diberi kepercayaan untuk memberikan pelatihan yang serupa (dengan modifikasi) untuk para new recruits. Bedanya, kali ini mereka belum di plontos kepalanya.. sudah ikut training.





No comments:

Post a Comment